Peranan Badan Kepegawaian Pendidikan Dan Pelatihan Daerah (Bkppd) Dalam Rekruitmen Pegawai Negeri Sipil Kabupaten Luwu Timur (219)

     Badan Kepegawaian Negara merupakan lembaga yang menyelenggarakan  manajemen Pegawai Negeri Sipil yang mencakup perencanaan,pengembangan sumber daya Pegawai Negeri Sipil dan administrasi   kepegawaian,pengawasan dan pengendalian,penyelenggaraan dan  pemeliharaan informasi kepegawaian,mendukung perumusan kebijaksanaan kesejahteraan Pegawai Negeri Sipil, serta memberikan bimbingan teknis kepada unit organisasi yang menangani kepegawaian pada instansi pemerintah pusat dan pemerintah daerah.
      Sesuai dengan pasal 3 ayat(1) Undang-undang Nomor 43 Tahun 1999 tentang kepegawaian,disebutkan bahwa Pegawai Negeri berkedudukan sebagai unsur  aparatur negara yang bertugas untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat secara profesional, jujur,adil dan merata dalam penyelenggaraan tugas negara,pemerintahan dan pembangunan. Menurut Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah mengatakan bahwa penerimaan pegawai negeri sipil sesuai dengan prosedur yang ditetapkan di Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) nomor 30 tahun 2007, ada empat tahapan  secara garis besar . dimulai dari perencanaan dan persiapan, pelaksanaan, pengawasan dan pengendalian serta evaluasi. 

Selanjutnya menurut Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah Luwu Timur sendiri dalam hal tahapan pelaksanaannya mempunyai dua tahapan ujian. Ujian Tes Kompetensi Dasar (TKD) dan Tes Kompetensi Bidang (TKB).  Sesuai dengan Peraturan Kepala (Perka) BKN nomor 30 tahun 2007 tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan PNS . dalam penerapannya disebutkan bahwa Tes Kompetensi Dasar (TKD) meliputi ujian tentang ujian  Pengetahuan Umum seperti wawasan nasional dan regional, maupun internasional, kemampuan verbal, kemampuan kuantitatif, kemampuan penalaran, kemampuan beradaptasi, pengendalian diri, semangat berprestasi, integritas dan inisiatif. sedangkan Tes Kompetensi Bidang (TKB) disesuaikan dengan formasi jabatan, untuk itulah menurut Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Luwu Timur  Peranan Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Luwu Timur sangat penting. 


Dalam undang-undang 32 tahun 2004 yang direvisi menjadi UU no.12 tahun 2008 tentang pemerintahan daerah yang dengan tegas menjaminkan otonomi yang luas kepada setiap daerah di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia khususnya untuk wilayah kabupaten/kota.dalam UU no 12 tahun 2008 tentang Pemerintah Daerah pasal 129  disebutkan bahwa “Manajemen Pegawai Negeri Sipil meliputi penetapan formasi, pengadaan, pengangkatan, pemindahan, pemberhentian, penetapan pensiun, gaji, tunjangan, kesejahteraan, hak dan kewajiban kedudukan hukum, pengembangan kompetensi,dan pengendalian jumlah”. Dalam UU no. 43 tahun 1999 tentang pokok-pokok Kepegawaian  pasal 34 A ayat (2) disebutkan Badan Kepegawaian Daerah sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) adalah perangkat Daerah yang dibentuk oleh Kepala Daerah."

Dalam  Perkembangan Kabupaten Luwu Timur yang sangat pesat menurut data diambil dari Badan Pusat Statistik tahun 2009 jumlah penduduk kabupaten Luwu Timur yaitu 242.335 orang. menuntut adanya  sebuah sistem penerimaan pegawai yang memadai untuk menghasilkan para pengabdi masyarakat yang profesional,jujur adil dan merata karena sesuai dengan misi Kabupaten Luwu Timur yaitu Meningkatkan kualitas penyelenggaraan kepemerintahan dan pelayanan publik yang sebaik-baiknya. Menurut kepala bagian Perencanaan dan evaluasi Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan  Daerah pada tahun 2009, jumlah pelamar mencapai 2000 orang sedangkan yang diambil hanya sekitar 500 orang. Hal ini diperlukan agar pemerataan Pegawai Negeri Sipil di seluruh wilayah Kabupaten Luwu Timur dapat lebih merata. Data dari Badan Kepegawaian, Pendidikan, Pelatihan Daerah tahun 2009 menyebutkan bahwa sektor pendidikan salah satunya SD jumlah Pegawai Negeri Sipilnya  sebanyak 1026 orang sedangkan yang sedikit ada di Puskesmas Tomini hanya 3 orang. menurut Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah Luwu Timur menganggap bahwa hasil rekruimen Pegawai Negeri Sipil  baik karena dilakukan penyaringan yang ketat dengan dua kali tahapan ujian. 

Sedangkan di lain pihak, kalangan lain menganggap bahwa terdapat masalah diantaranya ujian Tes Kompetensi Bidang yang dilaksanakan, tidak sesuai dengan bidang ilmunya, kemudian penempatan Pegawai Negeri Sipil di instansi pemerintah atau sekolah masih belum tepat lalu, adanya agenda pemilukada Calon Bupati dan Wakil Bupati di kabupaten Luwu Timur yang bisa mempengaruhi kualitas Pegawai Negeri Sipil yang dihasilkan. Maka dari itu, Fokus penelitian penulis yaitu hasil dari rekrutmen Pegawai Negeri Sipil di tahun 2009. Penulis sengaja mengambil rekrutmen Pegawai Negeri Sipil di tahun tersebut karena dalam sistem rekruitmen yang dijalankan oleh Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan  Daerah (BKPPD) Luwu Timur, terdapat tes ujian selain ujian tertulis yaitu Tes Kompetensi Bidang atau yang disingkat TKB dan merupakan Kabupaten di Sulawesi Selatan yang memakai dua sistem rekruitmen. Selain itu, penulis sengaja mengambil di Tahun 2009, karena pada tahun tersebut Pemilu Legislatif dan Pemilu eksekutif untuk memilih Bupati dan Wakil Bupati periode 2009-2014 . menurut penulis hal ini juga mempengaruhi sistem rekrutmen Pegawai Negeri Sipil di Kabupaten Luwu Timur. 

Penerapan otonomi daerah yang dilaksanakan di tiap daerah menuntut transparansi kegiatan yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah termasuk dalam penerimaan pegawai dalam hal ini Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah Luwu Timur. Hal ini menjadi tolak ukur perkembangan suatu daerah selain sumber daya alam yang dimiliki oleh daerah. Jika dalam penerimaan pegawai negeri sipil masih terdapat masalah, maka kualitas pelayanan kepada masyarakat di daerah menjadi terhambat, sehingga peranan Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan Daerah sangat diperlukan dalam proses rekruitmen Pegawai Negeri Sipil.
Berangkat dari  itulah penulis tertarik untuk memilih judul Peranan Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan  Pelatihan Daerah Dalam Rekruitmen Pegawai Negeri Sipil di Kabupaten Luwu Timur

Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini
Cara Seo Blogger