Dalam era
globalisasi pasar bebas memberi peluang munculnya berbagai jenis barang dan
jasa dengan ratusan merek yang terjual dipasaran. Persaingan antara merek dari
setiap produk yang semakin tajam, mengakibatkan setiap konsumen dapat memilih
variasi merek produk yang lebih berkualitas. Dengan memilih variasi merek
produk yang lebih berkualitas, maka dalam menunjang pengambilan keputusan,
setiap konsumen dapat memilih sesuai dengan seleranya, daya belinya, dan kualitas
produk.
Salah satu
hal yang perlu diperhatikan oleh perusahaan dalam melakukan pemasaran produk
yang akan dijual adalah dengan memahami kebutuhan konsumen, mengetahui
kebutuhan konsumen, dan selera dari pada konsumen. Keputusan konsumen merupakan hal yang penting, sebab dengan
adanya pemahaman mengenai keputusan konsumen, maka perusahaan akan lebih mudah
dalam membuat suatu perencanaan pemasaran serta penetapan kebijakan pemasaran
dan sebagai dasar dalam pelaksanaan kegiatan pemasaran.
|
Menyadari pentingnya mengenai keputusan
konsumen, yang menjadi obyek dalam penelitian ini adalah perusahaan otomotif.
Demikian halnya dengan PT. Hadji Kalla Makassar yang bergerak dibidang dealer
mobil merek Toyota, dalam melakukan pemasaran mobil terjadi persaingan yang ketat,
hal ini disebabkan karena banyaknya perusahaan yang bermunculan. Dengan
munculnya beberapa jenis produk mobil, maka setiap perusahaan berupaya dan
bersaing dalam memasarkan produk mobil dengan jenis dan tipe yang berbeda. Hal
ini tentunya menyebabkan konsumen semakin bebas memilih jenis mobil yang sesuai
dengan selera konsumen.
Salah
satu tujuan kegiatan pemasaran perusahaan adalah mempengaruhi konsumen atau
calon konsumen agar mereka mau membeli barang atau jasa perusahaan pada saat
mereka membutuhkannya. Sebelum kegiatan pemasaran dilakukan, perusahaan perlu
mempelajari dan memahami perilaku konsumen
terlebih dahulu agar mereka dapat lebih tepat menetapkan kegiatan
pemasarannya. Salah satu perilaku konsumen yang penting adalah perilaku dalam
melakukan pembelian suatu barang atau jasa. Keputusan untuk melakukan pembelian
merupakan salah satu tahapan dalam pembelian.
Untuk
lebih meningkatkan penjualan mobil, maka pihak perusahaan PT. Hadji Kalla
memperhatikan strategi bauran pemasaran dimana bauran pemasaran terdiri dari:
produk, harga, promosi, dan place.
Tabel 1.1
Volume Penjualan Mobil Toyota
Tahun
2007 – 2011
Tahun
|
Jenis Mobil Toyota
|
Total penjualan
|
||||
Vios
|
Yaris
|
Avanza
|
Innova
|
Fortuner
|
||
2007
|
513
|
555
|
657
|
573
|
645
|
2.943
|
2008
|
552
|
588
|
717
|
594
|
630
|
3.081
|
2009
|
594
|
534
|
894
|
633
|
645
|
3.300
|
2010
|
654
|
654
|
930
|
614
|
675
|
3.527
|
2011
|
588
|
645
|
948
|
624
|
764
|
3.569
|
Sumber: PT. Hadji Kalla Makassar
(data di olah)
Dari
tabel 1.1 yakni data penjualan mobil toyota, khususnya dalam 5 tahun terakhir
(tahun 2007 s/d 2011), nampak bahwa penjualan mobil toyota mengalami
peningkatan dalam tahun 2007 s/d tahun 2011. Dapat dilihat juga penjualan mobil
terkhusus mobil toyota yaris juga meningkat tiap tahunnya. Dengan meningkatnya
volume penjualan mobil maka perlunya diketahui sejauh mana pengaruh faktor-faktor
keputusan konsumen yang terdiri dari kebudayaan, sosial, kepribadian, dan
psikologismempengaruhi keputusan pembelian mobil.
Dari latar belakang masalah yang telah dikemukakan, maka penulis memilih judul skripsi"Analisis
Faktor–Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen dalam Pembelian Mobil Toyota
Yaris pada PT. Hadji Kalla Makassar”.
Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini