Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Mobil Toyota Yaris Pada Pt. Hadji Kalla Makassar (214)

Dalam era globalisasi pasar bebas memberi peluang munculnya berbagai jenis barang dan jasa dengan ratusan merek yang terjual dipasaran. Persaingan antara merek dari setiap produk yang semakin tajam, mengakibatkan setiap konsumen dapat memilih variasi merek produk yang lebih berkualitas. Dengan memilih variasi merek produk yang lebih berkualitas, maka dalam menunjang pengambilan keputusan, setiap konsumen dapat memilih sesuai dengan seleranya, daya belinya, dan kualitas produk.
Salah satu hal yang perlu diperhatikan oleh perusahaan dalam melakukan pemasaran produk yang akan dijual adalah dengan memahami kebutuhan konsumen, mengetahui kebutuhan konsumen, dan selera dari pada konsumen. Keputusan konsumen merupakan hal yang penting, sebab dengan adanya pemahaman mengenai keputusan konsumen, maka perusahaan akan lebih mudah dalam membuat suatu perencanaan pemasaran serta penetapan kebijakan pemasaran dan sebagai dasar dalam pelaksanaan kegiatan pemasaran.

 
Menyadari pentingnya mengenai keputusan konsumen, yang menjadi obyek dalam penelitian ini adalah perusahaan otomotif. Demikian halnya dengan PT. Hadji Kalla Makassar yang bergerak dibidang dealer mobil merek Toyota, dalam melakukan pemasaran mobil terjadi persaingan yang ketat, hal ini disebabkan karena banyaknya perusahaan yang bermunculan. Dengan munculnya beberapa jenis produk mobil, maka setiap perusahaan berupaya dan bersaing dalam memasarkan produk mobil dengan jenis dan tipe yang berbeda. Hal ini tentunya menyebabkan konsumen semakin bebas memilih jenis mobil yang sesuai dengan selera konsumen.
Salah satu tujuan kegiatan pemasaran perusahaan adalah mempengaruhi konsumen atau calon konsumen agar mereka mau membeli barang atau jasa perusahaan pada saat mereka membutuhkannya. Sebelum kegiatan pemasaran dilakukan, perusahaan perlu mempelajari dan memahami perilaku konsumen  terlebih dahulu agar mereka dapat lebih tepat menetapkan kegiatan pemasarannya. Salah satu perilaku konsumen yang penting adalah perilaku dalam melakukan pembelian suatu barang atau jasa. Keputusan untuk melakukan pembelian merupakan salah satu tahapan dalam pembelian.
Untuk lebih meningkatkan penjualan mobil, maka pihak perusahaan PT. Hadji Kalla memperhatikan strategi bauran pemasaran dimana bauran pemasaran terdiri dari: produk, harga, promosi, dan place.
Tabel 1.1
Volume Penjualan Mobil Toyota
Tahun 2007 – 2011

Tahun
Jenis Mobil Toyota
Total penjualan
Vios
Yaris
Avanza
Innova
Fortuner
2007
513
555
657
573
645
2.943
2008
552
588
717
594
630
3.081
2009
594
534
894
633
645
3.300
2010
654
654
930
614
675
3.527
2011
588
645
948
624
764
3.569
Sumber: PT. Hadji Kalla Makassar  (data di olah)
Dari tabel 1.1 yakni data penjualan mobil toyota, khususnya dalam 5 tahun terakhir (tahun 2007 s/d 2011), nampak bahwa penjualan mobil toyota mengalami peningkatan dalam tahun 2007 s/d tahun 2011. Dapat dilihat juga penjualan mobil terkhusus mobil toyota yaris juga meningkat tiap tahunnya. Dengan meningkatnya volume penjualan mobil maka perlunya diketahui sejauh mana pengaruh faktor-faktor keputusan konsumen yang terdiri dari kebudayaan, sosial, kepribadian, dan psikologismempengaruhi keputusan pembelian mobil.
Dari latar belakang masalah yang telah dikemukakan, maka penulis memilih judul skripsi"Analisis Faktor–Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen dalam Pembelian Mobil Toyota Yaris pada PT. Hadji Kalla Makassar”.


Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini
Cara Seo Blogger