Pengaruh Sistem Informasi Kependudukan dan Keluarga Terhadap Pengambilan Keputusan Memasyarakatkan Program Keluarga … (89)

Family planning mempunyai tujuan yang mengarah kepada empat hal. Pertama, agar pasangan bebas memilih dan bertanggung jawab dalam menentukan jumlah anak dan jarak anak yang diinginkan. Kedua, mereka memperoleh informasi dan jaminan untuk mewujudkan keinginannya. Ketiga, menjamin dan memperoleh informasi pilihan – pilihan metode KB yang ada. Keempat, menyediakan secara lengkap metode yang efektif dan aman untuk pasangan atau individu yang menginginkan KB. Family planning tersebut diwujudkan dalam bentuk Program Keluarga Berencana Nasional ( KBN ).


Salah satu misi Program Keluarga Berencana Nasional adalah menyediakan data dan informasi keluarga berbasis data dan mikro untuk pengelolaan pembangunan, khususnya menyangkut upaya pemberdayaan keluarga miskin. Dalam mewujudkan misi tersebut, telah dikembangkan suatu data base keluarga berbasis teknologi informasi yang dapat diakses melalui jaringan komunikasi internal ( intranet ) dalam suatu bentuk Sistem informasi Kependudukan dan Keluarga ( SIDUGA ).

SIDUGA merupakan salah satu sumber data dan informasi andalan dan sangat berguna untuk kegiatan – kegiatan operasional di lapangan. Oleh karena itu pengelolaan SIDUGA perlu memperoleh perhatian serius baik Administrator  atau Operator Pengelola DATABASE di Kabupaten/Kota khususnya di Kabupaten karena Data Basis Program SIDUGA telah dimanfaatkan oleh Pemerintah Kabupaten sebagai tolok ukur pelaksanaan program – program Keluarga Berencana dan program – program sosial.

Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (BUKAN  pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini

Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini
Cara Seo Blogger