Demi tercapainya pertumbuhan ekonomi daerah, maka pasar sangat berpengaruh, sehingga peran pelanggan sangat penting, dan harus memiliki keunggulan tertentu untuk menghadapi pesaing dengan pelayanan dan kepuasan pelanggan.
Untuk memberikan kepuasan pelanggan sesuai dengan konsep pemasaran, diperlukan strategi yang tepat, agar dapat mempertahankan pelanggan lama dan menarik pelanggan baru. Sehingga pihak pengelola pasar perlu menciptakan faktor-faktor penentu nilai dari kepuasan pelanggan.
Dengan mempelajari perilaku pelanggan dapat mengetahui peluang yang mungkin diraih, sehingga dapat menetapkan pasar sasaran yang tepat. Adapun keputusan pembelian dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal individu.
Untuk faktor eksternal terdiri dari pengaruh lingkungan dan strategi bauran pemasaran. Pengaruh lingkungan terdiri dari nilai sosial budaya, kelas dan status sosial, kelompok reference, pengaruh keluarga atau rumah tangga dan pengaruh situasi. Strategi bauran pemasaran terdiri dari Product, Price, Promotion dan place.
Faktor-faktor internal atau faktor-faktor individual terdiri dari sumberdaya pelanggan, keterlibatan dan motivasi, pengetahuan, sikap, kepribadian, nilai, gaya hidup dan demografi.
Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (BUKAN pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini
Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini