Strategi Peningkatan Kinerja Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Dalam Pelayanan Masyarakat Di Kabupaten Madiun … (66)


Tujuan penelitian ini adalah 1) Mempelajari faktor internal dan eksternal dalam pelaksanaan peningkatan pelayanan masyarakat di Kabupaten Madiun untuk mengidentifikasi tingkat kekuatan, kelemahannya dan mempertimbangkan ancaman serta peluang yang ada. 2) Menentukan strategi peningkatan kinerja Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dalam pelayanan masyarakat di Kabupaten Madiun


Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi formatif untuk mengevaluasi faktor internal dan eksternal yang dapat mempengaruhi strategi peningkatan kinerja Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dalam pelayanan masyarakat, sedangkan jenis penelitiannya adalah metode study kasus. Teknik pengambilan sample menggunakan metode random sampling. Dengan metode penelitian survey data melalui dokumen, observasi lapangan dan wawancara langsung kepada pelaku yang berkompeten memberikan data dan informasi yang dibutuhkan dalam penelitian ini. Teknik analisis data menggunakan analisa SWOT.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dapat dilakukan adalah: 1) Pemanfaatan sarana dan prasarana guna yang didukung dengan letak kantor yang strategis guna mengimbangi tingkat kesadaran yang dimiliki oleh masyarakat, 2) Melakukan peningkatan keterampilan dalam penguasaan aplikasi dalam penerapan sistem informasi guna menunjang tingkat kesadaran masyarakat yang tinggi, 3) Meningkatkan kualitas SDM Masyarakat dan meningkatkan perangkat lunak guna menunjang kepentingan dan kebutuhan kantor agar pelayanan kepada masyarakat dapat berjalan lancar 4) Melakukan strategi bertahan terhadap kondisi yang ada, baik kualitas Sumber daya maupun pegawai guna menciptakan suasana kondusif.

Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (BUKAN  pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini

Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini
Cara Seo Blogger