Pengaruh Gaya Kepemimpinan Orientasi Tugas dan Orientasi Hubungan terhadap Motivasi Kerja dan Kinerja Karyawan pada KSP … (34)


Penelitian ini sebagai berikut: Untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan orientasi tugas dan orientasi hubungan terhadap motivasi kerja karyawan dan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan orientasi tugas , orientasi hubungan dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan?



Teknik pengambilan sampel dengan metode stratified random sampling, yaitu sampel diambil dengan pengelompokan berdasarkan tingkatan karyawan.Hal ini disebabkan adanya populasi yang tidak homogen, untuk dapat menggambarkan secara tepat mengenai sifat-sifat populasi yang heterogen, maka populasi yang bersangkutan harus dibagi-bagi dalam lapisan-lapisan ( strata ) yang seragam, dan dari setiap lapisan dapat diambil sampel secara acak.


Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi kerja karyawan di KSP “ Tunas Artha Mandiri “ Nganjuk berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Jadi untuk meningkatkan kinerja karyawan dapat dilakukan dengan meningkatkan motivasi kerja. Dan sebaliknya semakin menurunnya motivasi akan berdampak pada penurunan kinerja karyawan.


Motivasi kerja tinggi apabila karyawan diberi kesempatan untuk berkembang dan maju, untuk meningkatkan kapasitas kerja, diperlakukan secara manusiawi, mendapatkan perlakuan yang sama dalam bekerja, mampu melaksanakan setiap tugas yang diberikan, mendapatkan penghargaan atas prestasi kerja, mendapatkan jaminan keamanan kerja, memperoleh gaji yang layak, memperoleh bonus yang tinggi, memperoleh jaminan kesehatan dan jaminan hari tua yang memadai serta memperoleh fasilitas fasilitas lain di luar yang telah ditetapkan.


Hasil penelitian. terhadap motivasi kerja karyawan di KSP “ Tunas Artha Mandiri “ Nganjuk menunjukkan bahwa empat item motivasi sangat tinggi yaitu ingin diperlakukan secara manusiawi di dalam bekerja, ingin mendapatkan jaminan keamanan kerja, memperoleh gaji yang layak dan ingin memperoleh jaminan kesehatan dan jaminan hari tua yang memadai. Sedangkan item yang memiliki motivasi tinggi yaitu ingin diberi kesempatan untuk berkembang dan maju, ingin diberi kesempatan untuk meningkatkan kapasitas kerja, ingin mendapatkan perlakuan yang sama sama dalam bekerja, mampu melaksanakan setiap tugas yang diberikan, ingin mendapatkan penghargaan atas prestasi kerja dan ingin memperoleh bonus yang tinggi. 

Sedangkan satu satunya item yang merupakan motivasi sedang yaitu ingin memperoleh fasilitas fasilitas lain di luar yang telah ditetapkan. Jadi secara umum motivasi karyawan di KSP “ Tunas Artha Mandiri “ Nganjuk adalah tinggi, bahkan beberapa item telah memiliki motivasi sangat tinggi, tetapi masih terdapat satu item yang memiliki motivasi sedang. Dengan demikian motivasi masih dapat ditingkatkan baik secara langsung menaikkan motivasi kerja maupun dengan meningkatkan, gaya kepemimpinan orientasi tugas dan orientasi hubungan sehingga dapat dihasilkan kinerja kerja yang maksimal


Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (BUKAN  pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini

Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini
Cara Seo Blogger