Pengaruh Faktor Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru ( Studi Pada SMK Pancasila 6 Jatisrono, Wonogiri ) ... (69)


Salah satu indikator yang dapat digunakan untuk mengukur stabilitas organisasi adalah kinerja. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi kinerja organisasi. Studi penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh prestasi, pengakuan, tanggung jawab dan kenaikan pangkat terhadap kinerja guru.


Penelitian ini menggunakan metode survei, dengan jenis penelitian eksplanatif dan populasi penelitian adalah 52 guru SMK Pancasila 6 Jatisrono, Wonogiri. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner, wawancara dan studi dokumen. Untuk mengukur setiap item variabel penelitian menggunakan uji validitas dan Reliabilitas. Data di analisis degan teknik Regresi berganda. Dengan F. Test dan T. Test untuk menguji pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Tingkat signifikansi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 5 %.

Berdasarkan hasil dari analisis regresi berganda diperoleh bahwa : variabel-variabel prestasi, pengakuan, tanggung jawab, dan kenaikan pangkat secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru dan bersifat positif (R² = 0,847). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel tanggung jawab merupakan variabel yang mempunyai pengaruh paling signifikan terhadap kinerja guru, dengan demikian tanggung jawab yang diberikan pada guru harus mampun mewujudkan usaha dalam memotivasi, memberikan kepuasan untuk peningkatan kinerja.

Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (BUKAN  pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini

Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini
Cara Seo Blogger