Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan ... (40)


Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk menjelaskan ada tidaknya pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja Pegawai Negeri Sipil Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan dan 2) Mengukur besarnya pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja Pegawai Negeri Sipil Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan.

Penelitian ini dilakukan pada bulan Juli – September 2004 di Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan. Sample penelitian diambil secara random sampling dari Pegawai Negeri Sipil Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan. Tehnik pengumpulan data adalah kuestioner dan dokumentasi. Tehnik analisis data menggunakan : Analisis Deskriptif dan Analisa Inferensial.




Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan yang terdiri dari variable : Perilaku Instruksi (X1), Konsultasi (X2), Partisipasi (X3) dan Delegasi (X4). Sebagian besar responden menyatakan setuju dan sangat setuju, sebaran skor nilai yang diperoleh yaitu untuk variable Perilaku Instruksi (X1) 26 orang responden (80%) menyatakan setuju, Variabel Konsultasi (X2) 25 orang responden (83%) menyatakan setuju, Perilaku Partisipasi (X3) 26 orang responden (90%) menyatakan setuju (90%) menyatakan setuju dan Delegasi (X4) 24 orang responden (80%) menyatakan setuju.


Hasil analisis regresi ganda ditemukan gaya kepemimpinan yang terdiri dari variable: Perilaku Intruksi (X1), Konsultasi (X2), Partisipasi (X3) dan Degelasi (X4) secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja Pegawai Negeri Sipil Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan. Ditemukan kontribusi variable gaya kepemimpinan secara bersama-sama dengan kinerja aparat / Pegawai Negeri Sipil Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan sebesar 54,91 % terhadap kuantitas pekerjaan, sedangkan yang 45,09 % dijelaskan oleh variable-variabel diluar penelitian, terhadap kualitas pekerjaan sebesar 62,40 % sedangkan yang 38,60 % dijelaskan oleh variable diluar penelitian dan terhadap ketepatan waktu sebesar 60,09 % dan yang 39,91 % dijelaskan oleh variable diluar penelitian.


Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (BUKAN  pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini

Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini
Cara Seo Blogger