Pemberdayaan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Untuk Melaksanakan Fungsinya Dalam Penyelenggaraan Otonomi Daerah ... (51)



Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan upaya-upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas anggota DPRD kabupaten Blitar, 2) Mendeskripsikan pelaksanaan fungsi anggota DPRD kabupaten Blitar, 3) Mendeskripsikan faktor-faktor yang menghambat dan mendorong pelaksanaan fungsi-fungsi anggota DPRD Kabupaten Blitar.




Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan pemberdayaan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) untuk melaksanakan fungsinya dalam penyelenggaraan otonomi daerah. Teknik pengambilan data yaitu dengan wawancara, observasi dan dokumentasi.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Upaya pemberdayaan kualitas anggota DPRD Kabupaten Blitar dilakukan melalui berbagai cara, antara lain: 1) mengikutsertakan anggota dewan dalam berbagai program pendidikan, kursus, seminar, diskusi yang relevan dengan tugas dan fungsi anggota dewan; 2) mengikutsertakan anggota dewan dalam kegiatan pendidikan dan pelatihan, antana lain: pembekalan, Diklat Legal Drafting, Diklat tentang peran komisi; 3) melakukan studi banding ke berbagai daerah untuk memperluas wawasan, dan berbagai kunjungan kerja di wilayah kerja Kabupaten Blitar


Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (BUKAN  pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini

Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini
Cara Seo Blogger