Analisis Variabel – Variabel Bauran Pemasaran Yang Mempengaruhi Mahasiswa Dalam Memilih Program Pascasarjana …(9)



Pembangunan pendidikan adalah upaya mewujudkan amanat Pembukaan UUD 1945, yaitu memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa, serta ikut melaksanakan ketertiban dunia. Sesuai dengan UUD 1945 pasal 27, pendidikan merupakan hak setiap warga negara Indonesia dimana pelaksanaannya diselenggarakan melalui Sistem Pendidikan Nasional, yang menyatakan bahwa masyarakat sebagai mitra pemerintah berkesempatan yang seluas-luasnya untuk berperan serta dalam penyelenggaraan pendidikan nasional. Salah satu wujud dari penyelenggaraan pendidikan nasional adalah adanya perguruan tinggi.



Penelitian dengan judul analisis variabel-variabel bauran pemasaran yang memepengaruhi perilaku mahasiswa dalam memilih program pasca sarjana, yang dilakukan terhadap mahasiswa program pasca sarjana Universitas Islam Kadiri, bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan hubungan masing-masing unsur bauran pemasaran secara parsial dan bersama-sama, serta yang paling dominan terhadap keputusan mahasiswa dalam program pasca sarjana. Untuk tujuan tersebut penulis telah melaksanakan riset dengan mengambil obyek mahasiswa program pasca sarjana Universitas Islam Kadiri.


Permasalahan yang diambil dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh dan hubungan bauran pemasaran terhadap keputusan mahasiswa dalam memilih program pasca sarjana, dan solusi dari masalah tersebut adalah dengan menganalisa pengaruh dan hubungan bauran pemasaran dengan keputusan mahasiswa dalam memilih program pasca sarjana dengan menggunakan metode analisis regresi berganda dengan melalui Uji Normalitas, Uji Heteroskedastisitas, Uji Autokorelasi, Uji Multikolinealitas, disertai pengujian hipotesa dengan menggunakan pengujian Uji F dan Uji t, terhadap data yang diperoleh melalui kuesioner dari 35 responden.


Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa variable bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, dan bukti fisik secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan mahasiswa dalam memilih program pasca sarjana, dan secara parsial seluruh variable mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan nasabah dalam memilih perusahaan asuransi jiwa. Dan variable yang mempunyai pengaruh yang paling dominan terhadap keputusan nasabah dalam memilih perusahaan asuransi jiwa adalah variable people.


Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini

Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini
Cara Seo Blogger