Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil Di Smp Negeri 1 Wates Kabupaten Kediri ... (43)

Tujuan penelitian adalah 1) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh kepemimpinan terhadap prestasi kerja pegawai negeri sipil di SMP Negeri 1 Wates kabupaten Kediri. 2) Untuk mengetahui apakah pengkoordinasian paling dominan pengaruhnya terhadap prestasi kerja pegawai negeri sipil di SMP Negeri 1 Wates kabupaten Kediri.



Populasinya adalah, semua pegawai negeri sipil yang ada di SMP Negeri 1 Wates sebanyak 48 orang, sedangkan yang digunakan adalah 23 orang, yang terdiri dari 1 Kepala Sekolah, 5 tenaga tata usaha yaitu 1 kepala tata usaha, 2 bagian kepegawaian, 3 bagian persuratan, 4 bagian gudang dan keamanan sekolah, 5 bagian pendataan siswa dan ijazah, dan 5 orang sebagai kaur Umum, yaitu 1 bagaian Kesiswaan, 2 bagian Kurikulum, 3 Kehumasan, 4 bagian Wakil Kepala Sekolah pagi, dan 5 bagian Wakil Kepala Sekolah siang. Sedangkan 7 koordinator bidang studi ; Agama kelas 1,2,3, PPKn kelas 1, bahasa Indonesia kelas 1,2, matematika kelas 1,2, bahasa Inggris kelas 1,2, IPS kelas 2, dan IPA kelas 1,2 .


Hipotesis yang diajukan adalah kepemimpinan berpengaruh positif terhadap prestasi kerja pegawai negeri sipil di SMP Negeri 1 Wates kabupaten Kediri, dan diduga pengkoordinasian berpengaruh paling dominan terhadap prestasi kerja pegawai negeri sipil di SMP Negeri 1 Wates kabupaten Kediri.


Teknis analisis data untuk menguji hipotesis adalah Regresi berganda dengan Path Analysis. Hasil analisis yang didapatkan : 1) Kepemimpinan berpengaruh positif terhadap prestasi kerja pegawai negeri sipil di SMP Negeri 1 Wates kabupaten Kediri. Hal ini ditunjukkan dengan angka R ( Koefisien Ditermniasi ) rata-rata 0,902 yang berarti bahwa 90,2 % perstasi kerja pegawai negeri sipil di SMP Negeri 1 Wates kabupaten Kediri dipengaruhi oleh factor kepemimpinan, sedangkan sisanya 9,8 & prestasi kerja tersebut dipengaruhi oleh factor yang lain selain kepemimipinan. 2) Pengkoordinasian paling dominan pengaruhnya terhadap prestasi kerja pegawai negeri sipil di SMP Negeri 1 Wates kabupaten Kediri juga diterima. Hal ini disebabkan oleh indicator variable kepemimpinan (X4 atau pengkoordinasian) memiliki angka angka signifikan paling kecil terhadap Y1,Y2,Y3,Y4,Y5, dan Y6, disbanding indicator lain dalam variable kepemimpinan.


Kepemimipinan dan kondisi lingkungan kerja yang ada di SMP Negeri 1 Wates kabupaten Kediri perlu tetap dipertahankan dan ditingkatkan agar prestasi kerja para pegawai negeri sipil dapat dipertahankan dan ditingkatkan.


Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (BUKAN  pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini

Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini
Cara Seo Blogger