Analisis Kualitas Pelayanan Yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Dalam Mengajukan Kredit (Studi Pada Nasabah PT. BPR Insumo … (73)


Permasalahan yang telah diteliti dalam penelitian ini adalah bagaimana hubungan dan pengaruh Variabel Bukti Fisik, Kehandalan, Daya Tanggap, Jaminan serta Empati terhadap Variabel Tingkat keputusan nasabah dalam mengajukan kredit pada PT. BPR INSUMO SUMBERARTO Kediri.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data dengan mengambil responden sebanyak 98 orang yang merupakan nasabah BPR INSUMO SUMBERARTO Kediri.


Penelitian ini menguji hipotesis hubungan dan pengaruh dari Variabel Bukti Fisik, Kehandalan, Daya Tanggap, Jaminan, dan Empati terhadap Variabel Tingkat Keputusan nasabah dalam mengajukan kredit. Teknik yang digunakan adalah Simple Random Sampling.
Berdasarkan analisis korelasi terhadap data yang ada, bahwa seluruh item variabel independen, yaitu kualitas layanan jasa terhadap variabel dependen, yaitu keputusan nasabah dalam mengajukan kredit semuanya berhubungan dengan signifikan.

Dengan menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda dapat diketahui bahwa Variabel Bukti Fisik, Kehandalan, Daya Tanggap, Jaminan dan Empati berpengaruh terhadap Tingkat Keputusan Nasabah dalam mengajukan kredit. Namun pengaruh variabel kualitas pelayanan terhadap perubahan variabel keputusan nasabah dalam mengajukan kredit adalah 35,8%, sedangkan sisanya 64,2% dipengaruhi oleh variabel lain atau dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Temuan dalam penelitian tersebut menunjukkan bahwa kajian tentang Kualitas Pelayanan dan keputusan nasabah dalam mengajukan kredit pada PT. BPR INSUMO SUMBERARTO Kediri sesuai dengan dasar-dasar teoritis. Saran yang dapat peneliti berikan sebagai kontribusi bagi BPR INSUMO SUMBERARTO adalah perlunya melakukan peningkatan Kualitas Pelayanan, setidaknya mempertahankan setiap Dimensi Kualitas Pelayanan yang dimiliki.

Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (BUKAN  pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini

Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini
Cara Seo Blogger